
Nama : Nabhila Ayu Azzahra
Kelas : 2 KA 30
NPM : 17114701
Mata Kuliah : Teori Organisasi Umum
ORGANISASI
NIAGA
Sejarah
Singkat PT. Unilever
PT Unilever
Indonesia Tbk (perusahaan) didirikan pada 5 Desember 1933 sebagai Zeepfabrieken
N.V. Lever dengan akta No. 33 yang dibuat oleh Tn.A.H. van Ophuijsen, notaris
di Batavia. Akta ini disetujui oleh Gubernur Jenderal van Negerlandsch-Indie
dengan surat No. 14 pada tanggal 16 Desember 1933, terdaftar di Raad van
Justitie di Batavia dengan No. 302 pada tanggal 22 Desember 1933 dan diumumkan
dalam Javasche Courant pada tanggal 9 Januari 1934 Tambahan No. 3.
Dengan
akta No. 171 yang dibuat oleh notaris Ny. Kartini Mulyadi tertanggal 22 Juli
1980, nama perusahaan diubah menjadi PT Unilever Indonesia. Dengan akta no. 92
yang dibuat oleh notaris Tn. Mudofir Hadi, S.H. tertanggal 30 Juni 1997, nama
perusahaan diubah menjadi PT Unilever Indonesia Tbk. Akta ini disetujui
oleh Menteri Kehakiman dengan keputusan No. C2-1.049HT.01.04TH.98 tertanggal 23
Februari 1998 dan diumumkan di Berita Negara No. 2620 tanggal 15 Mei 1998
Tambahan No. 39.
Perusahaan mendaftarkan 15% dari sahamnya di Bursa Efek
Jakarta dan Bursa Efek Surabaya setelah memperoleh persetujuan dari Ketua Badan
Pelaksana Pasar Modal (Bapepam) No. SI-009/PM/E/1981 pada tanggal 16 November
1981.
Rangkaian
Produk Unilever Indonesia mencangkup brand-brand ternama yang disukai di dunia
seperti Pepsodent, Lux, Lifebuoy, Dove, Sunsilk, Clear, Rexona, Vaseline,
Rinso, Molto, Sunlight, Walls, Blue Band, Royco, Bango, dan lain-lain.
Perseroan
memiliki dua anak perusahaan : PT Anugrah Lever (dalam likuidasi), kepemilikan
Perseroan sebesar 100% (sebelumnya adalah perusahaan patungan untuk pemasaran
kecap) yang telah konsolidasi dan PT Technopia Lever, kepemilikan Perseroan
sebesar 51%, bergerak di bidang distribusi ekspor, dan impor produk dengan
merek Domestos Nomos.
Perseroan memiliki enam pabrik di
Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Bekasi, dan dua pabrik di Kawasan Industri
Rungkut, Surabaya, Jawa Timur, dengan kantor pusat di Jakarta. Produk-produk
Perseroan berjumlah sekitar 32.
1.
Tentang
Organisasi Niaga
Organisasi adalah sistem sosial yang
memiliki identitas kolektif yang tegas, daftar anggota yang terperinci, program
kegiatan yang jelas dan prosedur pergantian anggota.
Organisasi Niaga adalah organisasi
yang tujuan utamanya mencari keuntungan dan dibentuk untuk menghasilkan suatu
tujuan untuk mendapatkan sebuah keuntungan terutama dalam bidang niaga itu
sendiri.
·
Macam-macam
Organisasi Niaga:
a.
Perseroan
Terbatas (PT)
Adalah suatu perusahaan yang modal dan
sahamnya terdiri dari saham milik pribadi dan sebagian dari pihak lain atau
asing.
b.
Perseroan
Komanditer (CV)
Adalah suatu persekutuan yang didirikan oleh
seorang atau beberapa orang yang mempercayakan uang atau barang kepada seorang
atau beberapa orang yang menjalankan perusahaan dan bertindak sebagai pemimpin.
c.
Firma (FA)
Adalah sebuah bentuk persekutuan untuk
menjalankan usaha antara dua orang atau lebih dengan memakai nama bersama.
d.
Koperasi
Adalah organisasi bisnis yang dimiliki
dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama.
e.
Join Ventura
Adalah kerjasama dua pihak atau lebih
dalam bidang bisnis untuk membentuk sebuah perusahaan baru.
f.
Trust
Adalah gabungan atau kerjasama dari
beberapa perusahaan.
g.
Kontel
Adalah persekutuan berbagai perusahaan yang
sejenis yang memiliki perjanjian tertentu.
h.
Holding Company
Adalah perusahaan yang sahamnya patungan
yang biasanya mengawasi satu atau lebih perusahaan.
2.
Kelebihan dan
Kekurangan Organisasi Niaga di Lingkungan Sekitar!
a.
Kelebihan
:
·
Memiliki
sumber dana yang lebih besar.
·
Kewajiban
terbatas.
·
Ukuran
yang besar.
·
Jangka
waktu hidup lebih lama.
·
Kepemilikan
mudah berpindah.
·
Manajemen
Profesional.
·
Kemudahan
untuk menarik karyawan yang berpotensi.
b.
Kekurangan
:
·
Biaya
pendirian mahal.
·
Kesulitan
kontrol.
·
Administrasi
yang rumit.
·
Pengenaan
pajak berganda.
3.
Konflik seperti
apa yang kalian dengar
Konflik dalam PT. Unilever, Tbk
adalah masalah penipuan yang mengatas namakan PT. Unilever dengan meyelipkan
kertas undian yang diletakkan didalam Produk Unilever seperti shampoo, Rinso,
dsb. Penipuan seperti ini bagi orang yang mudah tergiur akan sangat merugikan.
4.
Bagaimana
Pengaruhnya Terhadap Konflik Organisasi Tersebut
Pengaruh dalam konflik organisasi
yaitu kepada masyarakat sekitar yang menanggapi udian pada produk tersebut dan
tanpa berfikir langsung menelfon nomor oknum yang ada didalam kartu undian
serta berujung pemerasan atau meminta transfer uang.
5.
Analisa
Organisasi Niaga dalam Lingkungan Sekitar
Jadi, organisasi niaga dalam
lingkungan dapat ditemukan dimana saja. Seperti pada penjelasan sebelumnya,
organisasi niaga merupakan organisasi yang bertujuan untuk mencari keuntungan
baik dengan membuka usaha sendiri atau mencari usaha diluar seperti di PT, CV,
Fa, Koperasi, dll. Sudah banyak perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan
untuk para pekerja yang pengangguran diluar sana, terutama Perseoran Terbatas
(PT).
Referensi
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar