Jumat, 13 November 2015

Tentang Organisasi Niaga





 Nama                 : Nabhila Ayu Azzahra
Kelas                  : 2 KA 30
NPM                  : 17114701
Mata Kuliah       : Teori Organisasi Umum





ORGANISASI NIAGA

Sejarah Singkat PT. Unilever
     PT Unilever Indonesia Tbk (perusahaan) didirikan pada 5 Desember 1933 sebagai Zeepfabrieken N.V. Lever dengan akta No. 33 yang dibuat oleh Tn.A.H. van Ophuijsen, notaris di Batavia. Akta ini disetujui oleh Gubernur Jenderal van Negerlandsch-Indie dengan surat No. 14 pada tanggal 16 Desember 1933, terdaftar di Raad van Justitie di Batavia dengan No. 302 pada tanggal 22 Desember 1933 dan diumumkan dalam Javasche Courant pada tanggal 9 Januari 1934 Tambahan No. 3.
     Dengan akta No. 171 yang dibuat oleh notaris Ny. Kartini Mulyadi tertanggal 22 Juli 1980, nama perusahaan diubah menjadi PT Unilever Indonesia. Dengan akta no. 92 yang dibuat oleh notaris Tn. Mudofir Hadi, S.H. tertanggal 30 Juni 1997, nama perusahaan diubah menjadi PT Unilever Indonesia Tbk. Akta ini  disetujui oleh Menteri Kehakiman dengan keputusan No. C2-1.049HT.01.04TH.98 tertanggal 23 Februari 1998 dan diumumkan di Berita Negara No. 2620 tanggal 15 Mei 1998 Tambahan No. 39.
Perusahaan mendaftarkan 15% dari sahamnya di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya setelah memperoleh persetujuan dari Ketua Badan Pelaksana Pasar Modal (Bapepam) No. SI-009/PM/E/1981 pada tanggal 16 November 1981.
Rangkaian Produk Unilever Indonesia mencangkup brand-brand ternama yang disukai di dunia seperti Pepsodent, Lux, Lifebuoy, Dove, Sunsilk, Clear, Rexona, Vaseline, Rinso, Molto, Sunlight, Walls, Blue Band, Royco, Bango, dan lain-lain.
Perseroan memiliki dua anak perusahaan : PT Anugrah Lever (dalam likuidasi), kepemilikan Perseroan sebesar 100% (sebelumnya adalah perusahaan patungan untuk pemasaran kecap) yang telah konsolidasi dan PT Technopia Lever, kepemilikan Perseroan sebesar 51%, bergerak di bidang distribusi ekspor, dan impor produk dengan merek Domestos Nomos.
Perseroan memiliki enam pabrik di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Bekasi, dan dua pabrik di Kawasan Industri Rungkut, Surabaya, Jawa Timur, dengan kantor pusat di Jakarta. Produk-produk Perseroan berjumlah sekitar 32.
1.      Tentang Organisasi Niaga
           Organisasi adalah sistem sosial yang memiliki identitas kolektif yang tegas, daftar anggota yang terperinci, program kegiatan yang jelas dan prosedur pergantian anggota.
           Organisasi Niaga adalah organisasi yang tujuan utamanya mencari keuntungan dan dibentuk untuk menghasilkan suatu tujuan untuk mendapatkan sebuah keuntungan terutama dalam bidang niaga itu sendiri.
·         Macam-macam Organisasi Niaga:
a.      Perseroan Terbatas (PT)
     Adalah suatu perusahaan yang modal dan sahamnya terdiri dari saham milik pribadi dan sebagian dari pihak lain atau asing.
b.      Perseroan Komanditer (CV)
     Adalah suatu persekutuan yang didirikan oleh seorang atau beberapa orang yang mempercayakan uang atau barang kepada seorang atau beberapa orang yang menjalankan perusahaan dan bertindak sebagai pemimpin.
c.       Firma (FA)
     Adalah sebuah bentuk persekutuan untuk menjalankan usaha antara dua orang atau lebih dengan memakai nama bersama.
d.      Koperasi
     Adalah organisasi bisnis yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama.
e.       Join Ventura
     Adalah kerjasama dua pihak atau lebih dalam bidang bisnis untuk membentuk sebuah perusahaan baru.
f.       Trust
     Adalah gabungan atau kerjasama dari beberapa perusahaan.
g.      Kontel
     Adalah persekutuan berbagai perusahaan yang sejenis yang memiliki perjanjian tertentu.
h.      Holding Company
     Adalah perusahaan yang sahamnya patungan yang biasanya mengawasi satu atau lebih perusahaan.

2.      Kelebihan dan Kekurangan Organisasi Niaga di Lingkungan Sekitar!
a.       Kelebihan :
·         Memiliki sumber dana yang lebih besar.
·         Kewajiban terbatas.
·         Ukuran yang besar.
·         Jangka waktu hidup lebih lama.
·         Kepemilikan mudah berpindah.
·         Manajemen Profesional.
·         Kemudahan untuk menarik karyawan yang berpotensi.
b.      Kekurangan :
·         Biaya pendirian mahal.
·         Kesulitan kontrol.
·         Administrasi yang rumit.
·         Pengenaan pajak berganda.

3.      Konflik seperti apa yang kalian dengar
           Konflik dalam PT. Unilever, Tbk adalah masalah penipuan yang mengatas namakan PT. Unilever dengan meyelipkan kertas undian yang diletakkan didalam Produk Unilever seperti shampoo, Rinso, dsb. Penipuan seperti ini bagi orang yang mudah tergiur akan sangat merugikan.

4.      Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Konflik Organisasi Tersebut
           Pengaruh dalam konflik organisasi yaitu kepada masyarakat sekitar yang menanggapi udian pada produk tersebut dan tanpa berfikir langsung menelfon nomor oknum yang ada didalam kartu undian serta berujung pemerasan atau meminta transfer uang.

5.      Analisa Organisasi Niaga dalam Lingkungan Sekitar
           Jadi, organisasi niaga dalam lingkungan dapat ditemukan dimana saja. Seperti pada penjelasan sebelumnya, organisasi niaga merupakan organisasi yang bertujuan untuk mencari keuntungan baik dengan membuka usaha sendiri atau mencari usaha diluar seperti di PT, CV, Fa, Koperasi, dll. Sudah banyak perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan untuk para pekerja yang pengangguran diluar sana, terutama Perseoran Terbatas (PT).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar